Tuesday, September 18, 2018

DriveDroid : Cara Bootable Instalasi Linux / Windows Menggunakan Android [ROOT ACCESS]


Hallo sobat CiTek.
Kali ini saya ingin berbagi informasi untuk kalian tentang sebuah aplikasi android. Sobat CiTek kebanyakan dari kalian pasti masih menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanan maupun bootable instalasi sistem operasi. Terkadang tidak banyak dari kalian tidak memiliki flashdisk sebagai media penyimpanan maupun bootable instalasi sistem operasi, sehingga kalian merasa tak enak hati harus meminjam ke temen kalian untuk sementara waktu. 

Sobat CiTek tenang saja untuk kalian yang tak mempunyai flashdisk sebagai media penyimpanan maupun bootable instalasi sistem operasi, karena kini sudah terdapat alternatif sebagai pengganti flashdisk yaitu android. Apa Android? ya kini android sekarang sudah bisa digunakan sebagai alternatif pengganti flashdisk yang fungsinya sendiri sangat mirip, hanya saja kalian harus menggunakan sebuah aplikasi tambahan yaitu DriveDroid.

DriveDroid adalah sebuah aplikasi gratis serta berbayar pada android yang berfungsi sebagai media untuk mengubah penyimpanan pada android kalian menjadi sebuah flashdisk sehingga  dapat melakukan bootable sistem operasi.

Sobat CiTek pasti kalian sudah tak sabar untuk memulainya,  sebelum memulai silahkan download  Bahan-bahannya 
DriveDroid

RUFUS

LANGKAH MENGGUNAKAN DRIVE DROID

1. Setelah kalian sudah mendownload kedua bahan diatas, instal aplikasi DriveDroidnya di android kalian & install rufus di laptop kalian.
2. Siapkan file .ISO Sistem Operasinya kalian bisa downloadnya melalui web masing masing sistem operasi. 
3. Selanjutnya buka aplikasi DriveDroidnya.


4. Selanjutnya klik simbol tambah pada aplikasi, lalu creat blank image.
5. Selanjutnya buat partisi 4gb/8gb pada DriveDroid.
6. Jika sudah membuat partisi, hubungkan android ke komputer menggunakan kabel usb dan pilih partisi yang tadi kalian buat pada drive droid serta pilih writable USB.
7. Jika android kalian sudah terdeteksi dalam bentuk partisi flashdisk, maka selanjutnya masukkan file .iso sistem operasi yang ingin kalian bootable ke dalam direktori partisi drivedroid pada android kalian.
8. Selanjutnya buka rufus dan lakukan proses bootable. 
9. Jika sudah selesai bootable, maka kalian dapat langsung melakukan instalasi sistem operasi.

Sobat CiTek begitulah informasi tentang sebuah aplikasi android kali ini yaitu DriveDroid. Dari banyaknya manfaat yang disuguhkan oleh aplikasi ini, sangat disayangkan aplikasi ini dapat digunakan hanya pada android yang memiliki hak askses root.

Jika kalian ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mencoret dinding dibawah yah sobat CiTek.

Thank You.


No comments:

Post a Comment