Saturday, September 22, 2018

Berikut Perbedaan Jaringan 4G dan 4G LTE



Hallo sobat CiTek.
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi kepada kalian sobat CiTek. Informasi yang ingin saya bagikan kali ini berhubungan dengan ponsel, lebih jelasnya tentang Perbedaan Jaringan 4G Dan 4G LTE.

Sobat CiTek, kalian pastinya sudah tak asing lagi dengan kata 4G dan 4G LTE. 4G adalah teknologi jaringan seluler generasi keempat. 4G dibuat untuk menggantikan 3G dan pastinya menawarkan koneksi yang lebih andal dan memberikan kecepatan yang jauh lebih tinggi. Secara khusus, 4G LTE 
berarti "generasi keempat evolusi jangka panjang", dengan tipe LTE menjadikan 4G koneksi tercepat hingga 10 kali lebih cepat dari pada 3G. Banyak diantara kalian menggunakan istilah 4G dan 4G LTE
adalah sama, tetapi mereka tidak sama.

Sobat CiTek, Menurut kalian apasih fitur yang dimiliki 4G dan 4G LTE sehingga mereka bisa dikatakan berbeda? berikut saya jelaskan.

Fitur 4G

4G adalah langkah baru serta pengganti 3G. 4G menawarkan kecepatan lebih cepat bagi kalian yang melakukan streaming media seperti video atau mp3, menjelajah internet, dan mengunduh. Kecepatan 4g berarti lebih sedikit buffering bagi penggunanya bahkan sering tidak ada buffering sama sekali, menjadikan 4G ideal bagi pengguna yang memanfaatkan banyak fitur yang ditawarkarkan smartphone dan tablet saat ini.

Ketika 4G pertama kali diperkenalkan dan bahkan ketika itu mulai menjadi tersedia secara luas khususnya di indonesia, ada beberapa wilayah yang tidak dapat jaringan 4G. Namun beberapa operator menjual ponsel yang kompatibel dengan 4G, meskipun pelanggan tidak benar-benar mendapatkan 4G kecuali mereka berada di area yang dicakup oleh jaringan tersebut. Sebagian besar tempat menawarkan 3G, ponsel cerdas dan perangkat lain akan beralih ke 3G. Jika ini terjadi, kalian tidak akan memiliki masalah pada saat menelpon, hanya saja kalian akan memiliki kecepatan internet dan unduhan yang lebih lambat. Tapi untuk saat ini kota kota besar di indonesia sudah terjangkau 4G, tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa wilayah yang belum dicakup oleh jaringan 4G.

Fitur 4G LTE

4G LTE adalah jenis teknologi 4G. 4G LTE menawarkan kinerja dan kecepatan terbaik yang tersedia saat ini. Jika kalian menggunakan banyak data setiap bulan atau mengandalkan smartphone atau tablet untuk menjelajah internet, 4G LTE  adalah pilihan terbaik. 4G LTE kecepatannya 10x lebih cepat dari pada teknologi 3G yang lebih lama, sehingga perbedaan dalam kecepatan seringkali cukup terlihat ketika pengguna beralih dari 3G ke 4G LTE.

Kecepatan tergantung pada kekuatan sinyal kalian dan beban jaringan. Jaringan 4G LTE sangat cepat seingga ketika anda menggunakannya, akan membuat pengalaman internet anda sama dengan komputer yang ada dirumah yang terhubung kejaringan broadband nirkabel modern.

Sobat Citek, taukah kalian untuk menggunakan jaringan ini ternyata ada tantangannya. berikut tantangan untuk menggunakan 4G dan 4G LTE akan saya jelaskan.

Ketika membandingkan keduanya antara 4G dan 4G LTE, salah satu tantangannya adalah jika kalian saat ini masih menggunakan 3G namung ingin menggunakan 4G, mungkin kalian harus membei smartphone baru yang memiliki kemampuan jaringan 4G. Smartphone 3G tidak bisa digunakan untuk jaringan 4G, tetapi smartphone 4G bisa digunakan untuk jaringan 3G. Kalian juga harus berada di area yang tercakup oleh jaringan 4G. Jika kalian ingin menggunakan 4G LTE, smartphone kalian harus mendukungnya dan kalian harus berada di area yang tercakup oleh 4G LTE.

Tantangan lainnya adalah memilih operator telepon seluler yang menawarkan layanan 4G atau 4G LTE. Pada saat ini di indonesia sudah banyak sekali atau mungkin semua operator yang menawarkan jaringan 4G dan 4G LTE. Untuk sekarang sudah banyak wilayah yang tercakup jaringan 4G, tetapi untuk 4G LTE ada beberapa wilayah yang tidak tercakup. Itulah mengapa kalian harus memeriksa terlebih dahulu cakupan operator yang kalian gunakan. 

Untuk memilih 4G atau 4G LTE sebenarnya pilihan ada dikalian sendiri. Jika kalian membutuhkan atau menginginkan kecepatan tercepat, saya rekomendasikan kalian membeli smartphone yang mendukung 4G LTE. Selain itu, kalian dapat mimilih operator yang menawarkan jaringan 4G LTE di wilayah kalian. Kalian dapat mencoba sendiri menguji kecepatan jaringan 3G, 4G, dan 4G LTE. Kalian akan menemukan perbedaan mencolok diantara ketiga jaringan tersebut.

Sobat CiTek begitulah informasi yang dapat saya bagikan kali ini tentang Perbedaan Jaringan 4G dan 4G LTE, semoga informasi kali ini bermanfaat untuk kalian  

Jika kalian ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mencoret dinding dibawah yah sobat CiTek.

Thank You.

No comments:

Post a Comment