Sunday, September 16, 2018

JAVA (JDK) : Path & Membuat Program Sederhana (HELLO WORLD) Pada Java


Hallo sobat CiTek,
Kali ini saya ingin memberi informasi untuk kalian sobat Citek, informasi ini lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu JAVA (JDK) : Pengenalan & Instalasi Pada Windows. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi cara path java dan membuat aplikasi sederhana pada java. Jika kalian belum menginstal Java (jdk) bisa membaca artikel sebelumnya


Jika kalian sudah menginstal javanya, mari kita melakukan path pada java agar javanya dapat digunakan.

LANGKAH PATH JAVA

1. Buka direktori instalasi java(jdk)nya dan copy link directorinya, disini saya menginstal di : 
C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_181/bin


2. Selanjutnya buka environment, dengan cara buka pencarian windows ketik Edit the system environment variables lalu klik Environment Variables.


3. Selanjutnya klik Path dan Edit.


 4. Selanjutnya klik new dan pastekan link direktori yang sebelumnya sudah di copy.


5. Selanjutnya kalian buka cmd dan ketikan JAVAC. Jiika hasilnya sama dengan gambar dibawah maka kalian berhasil melakukan path pada java, jika tidak sama maka kalian tidak berhasil atau mengulang lagi dari langkah pertama dengan teliti.


Selanjutnya saya akan membahas bagaimana membuat program sederhana pada java. Dalam pembuatan program sederhana ini saya tidak menggunakan IDE.
Apasih IDE? 
Integrated Development Environment atau biasa disebut IDE. IDE adalah sebuah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak.IDE sendiri mempunyai :

1. Editor untuk source code
2. Debugger
3. Build Automation, dsb.

salah satu kelebihan menggunakan IDE adalah memberikan kemudahan pada pengembang dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Pada bahasa pemograman java sendiri IDE yang biasanya digunakan ialah NetBeans, Eclipse, Intellij, dan masih banyak yang lainnya. Karena terlalu banyaknya macam IDE, maka untuk menentukan IDE yang ingin dipakai biasanya perlu waktu tidak sebentar untuk memilih IDE yang tepat. Jadi disini saya berbagi informasi membuat program java sederhana menggunakan CMD, supaya kalian yang baru pertama kali tidak merasa bingung dalam membuat dan mengenal program java sederhana ini.

Sobat CiTek mari langsung kita praktekan pembuatan program java sederhana.

LANGKAH MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA

1. Buka Notepad, banyak sekali notepad yang digunakan sebagai media untuk menyusun sintaks diantaranya terdapat atom, sublime, notepad, dll. Hany saja saya disini menggunakan Notepad++ sebagai medianya. Untuk kalian yang ingin menggunakan Notepad++ dan belum ada di komputer kalian, kalian bisa mendownloadnya dengan cara


2. Selanjutnya jika sudah membuka notepad, ketikan sintaks yang ada pada gambar di bawah  kedalam notepad++ kalian dan save program sesuka kalian dengan nama Pertama.java nama program harus sama dengan nama kelas
public class Pertama {
  public static void main(String [] args){
  System.out.println("Hello World");
  }
}
Logika pada sintaks program diatas :
  • Class pada program java ini bernama Pertama.
  • public static void main(String [] args){ adalah method utama pada program java, simbol { menandakan sebagai pembuka dari method main ini dan simbol } menandakan sebagai penutup dari method main. Jadi sintaks yang berada pada method main akan di eksekusi atau dijalankan pada saat program dijalankan selain itu tidak akan dijalankan.
  • System.out.println("Hello World"); berfungsi untuk mencetak , yang akan dicetak. Pada sintaks ini yang akan dicetak hanya argumentnya saja yaitu Hello World. Pada sintaks ini println akan mencetak argumen yaitu Hello World dengan baris baru atau kebawah dan print akan mencetak argumen yaitu Hello World ke samping, kalian bisa mencoba sendiri dengan mengganti sintaks System.out.println("Hello World"); dengan System.out.print("Hello World");  agar kalian mengetahui perbedaan diantara keduanya.
3. Selanjutnya kalian dapat menjalankan program dengan cara klik kanan nama program yang ada pada notepad++ lalu pilih Open Containing Folder in cmd , untuk lebih jelas melihat pada gambar dibawah.


4. Selanjutnya kalian buka cmd, dan ketik perintah javac Pertama.java lalu java Pertama. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar dibawah.



Sobat CiTek begitulah informasi kali ini tentang bagaimana melakukan path dan membuat program sederhana pada java. Semoga informasi yang kalian dapatkan kali ini adalah langkah awal untuk mempelajari lebih dalam pemograman dari salah satu Bahasa pemograman ini yaitu Java.

Jika kalian ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mencoret dinding dibawah yah sobat CiTek.


Thank You.

No comments:

Post a Comment